01 Desember 2008

Desember = Gedhe-Gedhene Sumber


Seminggu lewat sudah hujan terus aja mengguyur kota Banda Aceh. Dingin sudah pasti dan yang lebih pasti lagi jalanan jadi bechek abis tu juga jalanan berubah jadi sungai hehehe untung ojeknya nggak kepeleset.
Hari ini desember kita masuki. Hemmm 1 bulan lagi dah taun baru neh. Kembali ke bulan desember plus sambutan hujannya yang tak kunjung reda, saya jadi teringat kata-kata kakek saya yang sudah puluhan tahun lalu terucap. Kakek saya ini bisa dibilang merupakan orang dari jaman dulu yang gemar dengan kereta basanya. Salah satunya seperti “Desember ki gedhe-gedhene sumber” (Desember itu besar-besarnya sumber). Sumber dalam hal ini diasosiasikan sebagai mata air, sumber air, dsb. Tak salah memang kakek saya selalu niteni kalo dah hujan lebat kayak beberapa hari ini berarti telah masuk bulan desember.
Berkaca pada pandangan Levi-Strauss, kereta basa sebagai sebuah teks merupakan suatu yang bermakna (meaning whole), yang dianggap mewujudkan, mengekspresikan, keadaan pikiran seseorang. Makna teks tersebut lebih dari sekedar makna yang dapat ditangkap dari kalimat-kalimat tunggal yang membentuk teks tersebut, sebab kita bisa saja memahami makna kalimat-kalimat ini, tetapi tidak dapat menangkap keseluruhan teks. Jadi, apa yang diekspresikan oleh sebuah teks adalah lebih dari yang diekspresikan oleh kalimat –kalimat yang membentuk teks tersebut, seperti halnya makna sebuah kalimat adalah lebih dari sekedar manka yang diekspresikan kata-kata yang membentuk kalimat tersebut.
Yak itulah kearifan lokal yang yang dipunyai bangsa ini. Kereta basa sebagai salah satu kekayaan sastra lisan bangsa ini patut mendapat apresiasi lebih besar lagi. Selain sebagai karya satra adiluhung, ia memberikan tanda-tanda yang menuntun kita untuk selalu bijak menyikapi segala perubahan, baik perubahan alam, perubahan cuaca maupun perubahan politik yang sebentar lagi kayaknya akan memasuki fase naik turun kalo-kalo kita menggunakan diagram untuk melihatnya.
Mari sedia payung sebelum hujan & jangan lupa booking ojek sedari sekarang.

0 komentar:

 

mari berbuat baik Goenk Copyright © 2008 Black Brown Pop Template by Ipiet's Blogger Template