23 Desember 2008

Playstation = Ibu Yang Baik



22 Desember tak salah lagi merupakan hati yang begitu istimewa buat seluruh Ibu di Indonesia Raya ini. Betapa tidak pada hari itu masing-masing ibu memperingati Hari Ibu. Sebuah hari yang begitu special tentunya.


Sejarah Hari Ibu diawali dari bertemunya para pejuang wanita dengan mengadakan Konggres Perempuan Indonesia I pada 22-25 Desember 1928 di Yogyakarta, di gedung yang kemudian dikenal sebagai Mandalabhakti Wanitatama di Jalan Adisucipto. Dihadiri sekitar 30 organisasi perempuan dari 12 kota di Jawa dan Sumatera. Hasil dari kongres tersebut salah satunya adalah membentuk Kongres Perempuan yang kini dikenal sebagai Kongres Wanita Indonesia (Kowani).


Organisasi perempuan sendiri sudah ada sejak 1912, diilhami oleh perjuangan para pahlawan wanita abad ke-19 seperti M. Christina Tiahahu, Cut Nya Dien, Cut Mutiah, R.A. Kartini, Walanda Maramis, Dewi Sartika, Nyai Achmad Dahlan, Rangkayo Rasuna Said dan lain-lain.


Peristiwa itu dianggap sebagai salah satu tonggak penting sejarah perjuangan kaum perempuan Indonesia. Pemimpin organisasi perempuan dari berbagai wilayah se-Nusantara berkumpul menyatukan pikiran dan semangat untuk berjuang menuju kemerdekaan dan perbaikan nasib kaum perempuan. Berbagai isu yang saat itu dipikirkan untuk digarap adalah persatuan perempuan Nusantara; pelibatan perempuan dalam perjuangan melawan kemerdekaan; pelibatan perempuan dalam berbagai aspek pembangunan bangsa; perdagangan anak-anak dan kaum perempuan; perbaikan gizi dan kesehatan bagi ibu dan balita; pernikahan usia dini bagi perempuan, dan sebagainya. Tanpa diwarnai gembar-gembor kesetaraan jender, para pejuang perempuan itu melakukan pemikiran kritis dan aneka upaya yang amat penting bagi kemajuan bangsa.


Penetapan tanggal 22 Desember sebagai perayaan Hari Ibu diputuskan dalam Kongres Perempuan Indonesia III pada tahun 1938. Peringatan 25 tahun Hari Ibu pada tahun 1953 dirayakan meriah di tak kurang dari 85 kota Indonesia, mulai dari Meulaboh sampai Ternate.


Presiden Soekarno menetapkan melalui Dekrit Presiden No. 316 tahun 1959 bahwa tanggal 22 Desember adalah Hari Ibu dan dirayakan secara nasional hingga kini.


Misi diperingatinya Hari Ibu pada awalnya lebih untuk mengenang semangat dan perjuangan para perempuan dalam upaya perbaikan kualitas bangsa ini. Dari situ pula tercermin semangat kaum perempuan dari berbagai latar belakang untuk bersatu dan bekerja bersama.


Kembali pada sosok ibu…. Saya balik bertanya, jaman yang sudah modern kayak beginian neh, ibu yang bagaimana sih yang emang cocok banget buat diterapkan? Ada ibu yang seorang wanita karier, ada ibu yang total IRT, dan berbagai macam jenis lainnya.


Ternyata eh ternyata kalo kita amati sosok seorang ibu di dalam rumah sekarang sedang asik-asiknya mengalami penurunan kadar kualitas keibuannya. Kesibukan-kesibukan merupakan kambing hitam yang paling pas kali yak.


Ehm…dan yang yang lebih menarik lagi, sekarang (dan juga kemaren-kemaren sih) sosok ibu ini mulai tergantikan oleh hadirnya sebuah mesin yang bernama playstation (PS). Jangan tanya deh, seharian pun sanggup PS neh meninabobokan si anak. Miris… mungkin hanya kata ini yang tepat untuk menggambarkan keadaan yang sekarang ini terjadi.


Dus… dengan hari ibu ini “mari kembalikan ibu pada khitahnya” menjadi seorang pendidik, yang memberikan kehangatan, ketenangan dan ketentraman hati.

5 komentar:

Lyla on 23 Desember 2008 16.41 mengatakan...

wah... stik PS ku sampe rusak nih gara2 main gamenya saking serunya :D

Piyoh on 23 Desember 2008 21.40 mengatakan...

betoy...betoy...betoy..

afie on 25 Desember 2008 12.56 mengatakan...

hahaha, bener, peran PS semakin menggantikan peran ortu...

lovelydee on 30 Desember 2008 16.38 mengatakan...

Mending PS Paduan Suara ya Gunk... Pasti ibu kita malah seneng tuh klo kita ikut PS yang ini... Hehehe.. Btw, Selamat Hari Ibu untuk Perempuan Indonesia.... :)

lovelydee on 30 Desember 2008 16.38 mengatakan...

Mending PS Paduan Suara ya Gunk... Pasti ibu kita malah seneng tuh klo kita ikut PS yang ini... Hehehe.. Btw, Selamat Hari Ibu untuk Perempuan Indonesia.... :)

 

mari berbuat baik Goenk Copyright © 2008 Black Brown Pop Template by Ipiet's Blogger Template