31 Desember 2009

Dapet Momongan di Penghujung Tahun

1 komentar

"Selamat ya buk...anaknya cantik dan ganteng loh".
"wah jeng anaknya kembar 3 ya... cantik dan ganteng lo, mirip jeng cantiknya"

Mungkin ucapan ini banyak terdengar di rumah saya dalam 2 hari ini. Tapi jangan harap semua yang mendengar ucapan selamat itu ngerti dan paham.

Mau tau kenapa? Karena yang mendapatkan ucapan selamat ini adalah kucing kesayangan sahabat adek saya si Alip. Ucapan selamat ini pastinya banyak diucapkan tetangga-tetangga kucing yang lain, yang sering maen juga ngegosip di sore hari.

Ngomong-ngomong tentang kucing tadi. Sebenernya tuh...kucing itu bukan milik keluarga saya. Kucing itu datang entah dari mana asalnya juga entah siapa emak bapaknya dulu. Tapi kalo melihat tingkah lakunya itu nggemesin banget dan tentunya paling deket ma adek saya tadi. Gimana nggak deket, tiap hari aja minta jatah makan walopun cuma secuil dua cuil apapun yang bisa dimakan. Terkadang pun saking cintanya adek saya sama kucing itu pernah loh ngasih makan diem-diem, soalnya nggak boleh pegang-pegang kucing liar. Takut dicakar kali yaa

Trus..trus...

Nah bertepatan dengan perayaan taun baru ini. Kucing yang berwarna belang merah kuning hitam ini melahirkan anak secara tidak terduga. Haaahhhhhh tidak terduga???? *kaget mode:ON*

Gimana nggak kaget toh. Saya perhatiin tuh kucing kayaknya nggak hamil & perutnya nggak buncit-buncit kali. Tapi kok bisa melahirkan tiga anak kucing. Lha itu kan hebat banget...

Yang bikin heboh tetangga-tetangga dirumah (ini tentunya juga berujud kucing) kok anaknya ini nggak ada mirip-miripnya sama sekali. "Masak sih jeng, anak-anaknya itu berbulu hitam putih to. padahal kan si jeng kucing bebi itu kan warnanya merah kuning hitam. ato jangan-jangan dia nyulik anak orang kali ya jeng", nah mungkin gosip yang beredar di komplek saya seperti itu kali ya *tentunya dalam bahasa kucing loh :p*

ehm...sekarang kembali ke dunia manusia. Saya sih turut senang menyaksikan kebahagiaan kucing yang 24 jam sehari 7 hari seminggu nongkrongin rumah. dan yang paling membuat hati ini trenyuh ketika tadi pagi, saya mengabadikan moment yang begitu menyentuh, yaitu ketika kucing itu menyusui anak-anaknya. Bagaimana tidak di jaman modern sekarang ini kan banyak ibu-ibu nggak mau ngasih ASI buat anaknya, ini kan kesalahan yang sungguh teramat besar, eee malah diganti susu kaleng. emangnya anak kaleng???

Saya pun salut, walaupun habis melahirkan 3 anak kembarnya, kucing tadi tidak pernah mengeluh ditinggal suaminya entah pergi kemana. Kasihan kan abis lahiran, eee suami malah cabut entah kemana ga kliatan batang ekornya. Nah ini buat para perempuan masa kini, sebelum kawin selidiki mateng-mateng tuh calon suaminya. Jangan asal keren eee abis tuh ditinggal pergi entah kemana. Kasian deh lo..... & saya sebagai ellaki menghimbau buat para lelaki sejawat saya, jangan ditiru deh kelakuan si kucing ini.

Dan sebelum ditutup. Marilah di penghujung tahun 2009 ini kita bersama-sama menghaturkan sujud kepada Gusti Allah - Tuhan sekalian alam, mohon diampun segala dosa baik yang sengaja maupun tidak dalam kehidupan setahun ini. Selanjutnya juga memohon jadikanlah tahun 2010 sebagai tahun kebangkitan, tahun yang lebih bangkit daripada tahun 2009. Mudahkanlah rejeki, jodoh dan apa aja deh di tahun 2010 nanti. Amin......

Buat kucing --> skali lagi selamat atas lairan anaknya yak. Semoga nantinya menjadi kucing yang baik budinya, tidak suka nyolong makanan, berbakti kepada orang tua dan bangsa.


23 Desember 2009

Raja Kok Nggak Konsisten

2 komentar

Pada suatu ketika, disebuah kerajaan yang dihuni berbagai macam binatang sedang sedikit kisruh. Kisruh ini bukan sembarang kisruh, bukan juga karena rakyatnya demo menuntut penurunan menteri kudanil untuk mundur karena bekerja terlalu lambat.

Kekisruhan ini dipicu oleh si anjing yang sukanya selalu mencuri-curi kesempatan untuk mengambil barang-barang milik teman-temannya sendiri.

Si anjing ini memang pandai. Karena memang sekolahnya termasuk lumayan paling tinggi untuk ukuran para rakyat binatang yang ada di kerajaan hutan Mbulgombalgambul. Yang biasa rakyat kerajaan sekolah sampai sma, lah kalo si anjing ini sudah lulus sarjana bahkan dia berusaha untuk mendapatkan beasiswa sekolah pasca sarjana yang memang sedang ditawarkan pemerintah kerajaan.

Cerita kekisruhan di kerajaan Mbulgombalgambul ini sebenarnya sih tidak terlalu heboh. Tapi berhubung si empunya blog ini paling demen sama infotaiment yah kan temen-temen semua bisa memakluminya *wkkkk*

Kisruhnya ini sebenernya ya cuma dibelakang layar saja. Jadi tidak menjadi konsumsi public sampai ke kerajaan tetangga. Yah harap maklum, walopun kerajaan tetangga sudah di era reformasi, tapi kerajaan Mbulgombalgambul ini masih baru pada tahap belajar itupun di era orde baru *mirip ya sama negeri Indonesia*.

Kasusnya sih sebenernya sepele aja kok. Ini masalah yang bermula dari sikap anjing yang emang norak abis deh. Gimana enggak, suatu ketiak disaat kerajaan sedang mengadakan kenduri alias pesta pora menyambut perayaan ulang tahun sang raja. Anjing yang karena kepintarannya dan juga kedekatannya dengan raja mendapat tempat sebagai panglima untuk mengatur segala perlengkapannya.

Acara sih sukses pol…raja merasa senang dengan kinerja rakyat dan aparat kerajaan yang dikomandani oleh anjing. Tapi…..deng..deng…deng…

Tidak begitu dengan rakyat yang telah bekerja mati-matian mensukseskan perhelatan. Dari perbincangan dan gossip yang beredar di kalangan rakyat mensinyalir adanya kejanggalan dalam proses persiapan acara. Bagaimana tidak, anggaran untuk membeli buah-buahan dan juga kacang-kacangan katanya sumber yang tidak mau disebutkan namanya telah dikorupsi oleh si anjing.

Lha dalah…. Nekat bener si anjing ini. Bagaimana tidak nekad, dia yang disuruh oleh raja untuk mengatur segala macam persiapan dan telah diberikan anggaran yang berlimpah kok dengan berani-beraninya diselewengkan. Btw biar lebih hot bagaimana kalo istilah diselewengkan ini diganti dengan istilah diselingkuhi. Hahaha kreatif tenan saya ini *wkkkk memuji diri sendiri :p*
Usaha menyelingkuhi ini sebenarnya tidak akan terkuak, namun apalah daya sepandai tupai melompat pasti akan jatuh juga dan kemaren pun si tupai masuk rumah sakit gara-gara jatuh dari atap pemandian putri kerajaan.

Setelah usut punya usut antara intelijen kancil grup atas biaya sebuah LSM yang bergiat di bidang anti perkorupsian. Akhirnya rakyat kerajaan Mbulgombalgambul mengadukan tingkah si anjing yang emang kelewatan ini ke raja.

Namun apa daya para pendemo yang menghadap raja ini? Mereka harus gigit jari setelah berkali-kali menghadap raja tapi tak ada satu pun solusi yang didapat. Raja pun mungkin sudah tak kuasa lagi untuk memikirkan hal-hal sepele yang sudah menjadi tabiat si anjing yang sudah berkali-kali melakukan hal serupa. Bisa juga karena kedekatan si anjing yang memang pandai merayu siapapun termasuk raja dengan mulut manisnya.

Rakyat yang sudah tak kuasa menahan gejolak emosinyapun juga tidak bisa berbuat apapun. Hanya grundelan-grundelan sinis yang keluar dari mulut ke mulut rakyat melecehkan raja yang tidak konsisten dengan upaya pemberantasan kekejian di kerajaan Mbulgombalgambul.

Pesta pizza yang harusnya terlaksana dengan biaya yang ditilep anjing pupus sudah.

pesan : cerita ini hanya keisengan saya belaka, kalolah ada yang merasa tersinggung atau mirip ya hanya kebutulan belaka yang tidak saya sengaja.

21 Desember 2009

hobihobiku

1 komentar

Kalo saya mengingat-ingat masa lalu saya. Saya jadi teringat dengan hobi-hobi saya yang kadang tak terbayangkan sekarang kalo-kalo semua kegiatan itu saya lakukan dengan penuh senang hati. wuahahaha

Om wiki dalam situsnya menyebutkan apakah itu hobi. nah ini kopi pastenya: Hobi adalah kegiatan rekreasi yang dilakukan pada waktu luang untuk menenangkan pikiran seseorang. kata Hobi merupakan sebuah kata serapan dari Bahasa Inggris "Hobby"

Kalo ngggak salah inget sih hobi-hobi saya antara lain:

1. Berenang
wkkk
Saya pasti ketawa kalo ingat yang satu ini. Gimana enggak, hobi yang muncul tiba-tiba pas sekolah di SD ini karena ajakan temen-temen saya yang lumayan ngglidik (nakal-nakal lucu). Waktu itu saya masih kelas satu SD, biasa lah selepas TK kami yang sudah akrab nggak mau pisah sekolah begitu lulus TK untuk melanjutkan SD, trus sebagaimana kebiasaan kami yang biasa brangkat sampe pulang rumah nggak pernah dianter ortu, berakibat munculnya benih-benih kengglidikan yang agak radikal. ciahaha biar nampak ekstrim dikit yak :p

Pesen ortu selagi kami berangkat sekolah, "hati-hati ya nak kalo cari jalan yang sepi!". dari pemahaman kami itulah biasanya setelah pulang sekolah kami benar-benar mencari jalan pulang yang teramat sepi sampe kebun orang yang biasanya tak terjamah manusia sampe yang dipager kawat berduri kami terobos. Yang penting kami turuti perintah ortu "cari jalan yang sepi". Wkkkk maksudnya sepi biar ga ketabrak kalee, bukannya sepi tak terjamah orang huahahaha.

Trus,,,lagi-lagi kepolosan kami menelaah nasehat membawa kami ke sebuah tempat yang termat indah. Orang di kampung saya menyebutnya dengan sebutan "nggetjlik" entah maksutnya apa saya juga nggak tahu arti kata itu. Yang saya pahami disitu adalah sebuah bendungan untuk membagi aliran irigasi yang lumayan keren lah :)

Keren bangeet gitu... soalnya air super bening dengan ditambah adanya air terjun yang terjadi karena luapan air sungai yang terbendung.

Disitulah kami temukan surga terindah yang belum sempat kami temukan sebelumnya.

Dengan semangat '87 (karena pas SD tahun 1987-an), kami semua mulai merencanakan untuk mencoba kedasyatan riak-riak arus sungai. Dan sejak itu kebiasaan "renang" selalu menjadi jadwal rutin setiap pulang sekolah. Dengan telanjang bulat kami lonjat dari atas sungai yang lumayan tinggi. Serasa atlit loncat indah kali yah hehehe

Selain di tempat favorit "nggetjlik", kami juga biasa berenang di kolam ikan di seberang bendungan favorit kami. Tapi rahasia ya! Di kolam ikan milik orang itu ada larangan untuk mengganggunya, karena di kolam itulah pembesaran ikan milik kelompok tani dibudidayakan. Namanya juga anak-anak SD larangan apapun tetep aja asyik buat maenan. Akibatnya kaki saya yang cuma dua biji ini terkena pecahan beling di dalam kolam. Sejak itulah saya kapok renang di kolam orang.

Hari berganti hari, tahun berganti tahun, hobi renang bersama temen-temen SD ini masih saja kebawa-bawa, walopun nggak pandei-pandei kali berenang. Cuma yang bedain lokasi renang sudah berganti ke kolam renang yang lumayan oke lah untuk ukuran saat itu. Yaitu di kolam renang "Pak Saipul". Ini bukan kolam renang milik Saipul Jamil, tapi milik Pak Saiful tokoh politik di Jogja yang juga punya hotel.

Cerita tentang kolam renang ini juga membuat saya terpingkal-pingkal dibuatnya. Betapa tidak, gara-gara kolam antara laki dan perempuan dipisah, saya dan juga temen-temen saya yang ngglidik ini rela memanjat-manjat pohon cemara yang ada di ujung kolam untuk ngintip kolam perempuan. huahahaha iseng-iseng berhadiah kali ya pikir saya dulu :p

Ehmm... itulah awal mula hobi renang saya yang mungkin kalo sekarang ini mau dilanjut kayaknya nggak mungkin banget secara di Banda Aceh nggak ada kolam renang. Mau renang di sungai lagi dah nggak banget deh. :)

2. Naek gunung
Kalo yang satu ini hobi yang muncul pada masa remaja saya. Ciey... remaja pakde.....
Betul..betul..betul...Karena nggak ada pilihan ekstra kurikuler yang bikin saya dibilang sangar, maka saya putuskan untuk masuk saja pecinta alam. PEPALA BHIPA namanya.

Pecinta alam ini pada waktu perkenalan di kelas-kelas waktu penataran P4 (dulu masih ada penataran oey... makanya sampe sekarang saya adalah manusia berpancasila hihihi) ada sebuah acara yaitu perkenalan bermacam-macam ekstra kurikuler. Dan yang saya lihat rata-rata biasa aja nggak ada yang menarik. Cuma pas liat anak pepala (ini singkatan dari pelajar pecinta alam) kok rasanya keren banget gitu loh. Gimana enggak pas masuk kelas, kakak kelas saya ini nekat-nekat, bawa tali (yang saya kira waktu itu buat latihan bunuh diri), bawa besi-besi entah berujud apapun (yang menurut dugaan saya, biasa buat tawuran, soalnya menurut gosip yang beredar waktu itu sekitar tahun 1997an SMA 10 tempat saya ini anaknya bandel-bandel suka berkelahi. Gara-gara deket korem+poltabes+pegadean kali ya yang membuat gosip ini semakin santer :p). Pokoke sangar dan gahar lah kalo liat penampilan anak-anak pepala.

Cerita punya cerita, setelah saya bergabung, disitulah saya diajari naek gunung, masuk goa, panjat tebing sampe manjat tembok tetangga. Buat temen-temen SMA saya yang nggak masuk pepala dan baca blog ini saya ucapkan selamat atas penyesalannya nggak gabung. wkkkkk nggak ding becanda bro! ngono wae nesu...

Trus..trus.. ya dah nggak pake trus. Ngalir aja setiap kegiatan pepala ini saya ikuti baik-baik sampe saya tergila-gila sama yang namanya GUNUNG. xixixixi

trus apa lagi ya... tar deh ditambah lagi alias nyusul yang lainnya :p

photo: "ini poto saya pas lagi mandi di kali pesangan kota takengon"

09 Desember 2009

Haji dan Semangat Anti Korupsi

4 komentar

Hari ini tanggal 9 desembar ya?? Tanggal 9 menurut berita-berita yang saya denger di radio dan saya lihat di tevi katanya adalah hari anti korupsi sedunia.

Lah terus apa hubungannya dengan haji apa neh? sebenernya saya itu paling males menghubungkan hal-hal yang tidak berhubungan. Emangnya saya ini makcombalang apa ya. xixixi.

Kalo melihat momennya. kayaknya emang bisa sih judul yang saya bikin ini dihubung-hubungkan. Gimana ndak bisa. Ini kan lagi musimnya para haji di Indonesia pulang kampung setelah beberapa waktu lamanya ngangsu kawruh di arab sana.

Yang utama disini saya ucapken, "selamat kepada para jemaah haji Indonesia yang telah kembali ke kampung halaman, semoga menjadi haji mabrur".

Kemudian kejadian yang kedua ialah bertepatan dengan para haji yang pulang kampung ini, hari ini di seluruh dunia sedang memperingati hari antikorupsi sedunia. Cara orang untuk memperingatinya pun ada-ada yang aneh dan menggelitik. Lihat saja di kompas.com, Topeng monyetpun memeriahkan gelaran hari anti korupsi sedunia. Btw monyet aja ngrayain hari anti korupsi, masak kita enggak sih wkkkk mohon maap bagi yang merasa tersindir. Bukan suatu kesengajaan dari saya tapi kalo emang pas ya anda sedang beruntung deh :p

Lain dari monyet. Peringatan hari anti korupsi pun diikuti pula oleh seribu jin dari Lamongan. Wah-wah kalo yang ini bikin tambah greget deh. Trus mukanya kayak apa ya jin-jin yang demo itu hihi... pizzz mbah :D

Trus-trus...dari kedua hal ini, apa sih sebenernya yang bisa kita petik dan disantap. Dari momen berhaji dan juga peringatan hari anti korupsi sedunia setidaknya kita harus yakin seyakin yakinnya kalo bangsa Indonesia raya ini akan segera bebas dari permasalahan korupsi. Kenapa sya berharap begitu? ya karena saya mikirnya Indonesia kan tiap tahun semakin banyak warganya yang naek haji tuh, trus harus banyak orang baik dan alim-alim juga dong. Sehingga jika kita memakai logika, tentunya orang jahat semakin menipis. hihihi

Dus, pada akhirnya para koruptor juga akan semakin habis.

Tapi...
loh..loh... ini yang bikin agak mules. Masih ada kata tapinya ini! dari status fesbuk saya pagi hari yang saya isi dengan tema "haji+hari anti korupsi" temen-temen saya kok pada berkomentar sinis ya.

Kita tengok yuk...

Ya sudahlah.... kalo masih ada yang mau korupsi ya silahken. Tapi ingat Gusti Allah Maha kewren, akan ada balasan setimpal buat para koruptor. Kalo boleh ngasih usul sih, para koruptor ini dihukum dengan dimasukkan neraka paling dasar yang super hot & tubuhnya diiris tipis-tipis buat makan ikan lele. Soalnya pecel lele di Simpang Surabaya ini semakin hari lelenya semakin kurus aja. Nggak asik buat dimakan je..... tulang semua nggak ada dagingnya wkkkk.

pisss ah... salam

oiya ilustrasi paling atas sana saya culik lagi dari http://www.harianjogja.com & yang satatus fesbuk itu punya saya seorang :p

07 Desember 2009

Pelajaran Buruk di Pagi Hari

13 komentar

Tadi pagi jam tujuh kurang sedikit saya sudah berangkat dengan "kereta motor" saya menuju ke arah kota. Saya bilang kereta motor biar kawan-kawan di jogja saya nggak bingung dikiranya kereta api nanti, padahal kalo di banda aceh motor roda dua yang bermerek honda, yamaha, susuki dan lain sebaginya itu biasa disebut "kereta" atao kalo nggak cukup disebut dengan "honda" apapun mereknya.

Jam 7 pagi ini kalo di banda aceh ya setara jam 6 pagi lah suasananya kalo di jogja. Jadi dapat disimpulkan saya rajin to??wkkkk

Tapi saya ndak mau memperpanjang cerita tentang kerajinan saya berpanjang-panjang. Yang mau saya ceritakan adalah pandangan saya yang dari keluar komplek rumah di daerah Ulekareng, tertuju pada sebuah "kereta" yang dikendarai oleh dua makhluk Tuhan, yang saya tangkap adalah sepasang anak dengan bapaknya.

Yang bikin aneh bin ajaib itu posisi duduknya gitu loh. Emang posisinya gimana goenk???kok aneh. apa posisinya pada menghadap belakang semua??

Bukan..bukan.. yang bikin aneh adalah anak yang masih SMP itu memboncengkan bapaknya. Mungkin bapak ini sedang mengajari anaknya buat naek "kereta" kali ya, sampai-sampai si bapak ini duduk di belakang.

Yang bikin miris hati ini. ciey...sok perasa hari ini saya ya? :p
adalah si anak tidak memakai helm layaknya ajakan aturan berlalulintas yang benar. Bapak ini benar-benar nekad.

Saya melihat sosok bapak yang mengajari anaknya berkendaraan di jalan umum tanpa memakai helm yang baik dan benar adalah sosok bapak yang kejam. Dia membiarkan anaknya untuk celaka. huuuuuh... andai bapak itu mungkin temen atau sodara dekat saya. ooo sudah saya umpat-umpat tu.

Gimana tidak. Anak-anak yang belum tahu apa-apa layaknya kertas putih yang masih kosong, malah dicoret bapaknya sendiri dengan hal-hal yang tidak benar. Mungkin cuma sepele tapi akibat yang ditimbulkan adalah bentuk-bentuk pelanggaran yang akan dilakukan si anak nanti setelah dewasa bahkan bisa jadi kalo si anak ini menjadi polisi, bisa-bisa akan menjadi seorang oknum polisi yang selalu melanggar aturan berlalulintas.

Oalah... inilah sebagian contoh pendidikan "salah" yang diajarkan oleh orang tua kepada anaknya. Mungkin orang tua menganggap hal itu adalah sepele. Nah, kalo semua dianggap sepele gimana bangsa ini bisa maju. wkkkkk

Nasib..nasib... belum beruntung sekali nak pelajaran yang kamu dapatkan pagi hari tadi. semoga bapakmu segera insaf dan mau sedikit peduli kepadamu ya nak!

Loh..loh kok saya malah yang jadi nasehatin toh?? nggak apa-apa lah anggap saja ngamal wkkkk

gambar saya culik dari http://www.indonesiaindonesia.com/
 

mari berbuat baik Goenk Copyright © 2008 Black Brown Pop Template by Ipiet's Blogger Template