10 Maret 2010

Aceh Punya Keris?????



Sore kemaren di pesbuk saya masuk komen dari seorang teman yang bilang begini neh, "agung, liza punya info bagus... kalo ol bilang2 ya". Wah jadi penasaran kan saya membaca komen tadi dan segera saya balas saja, "pa tu liz?jd penasaran neh??? kirim via imel ato inbox kek. ya dah agung onlen skrg yak :)".

Semakin penasaran dengan info tadi segera saya nyalakan komputer nakal saya dan segera saya colok-colok lubang-lubangnya *jangan ngeres ya* kabel power dan usb dengan flash saya yang tadinya masih ngumpet di tas.

Begitu onlen, saya buka cepat-cepat pesbuk saya dan ternyata info tadi sudah masuk di inbox saya. Ehm... ada info apa neh muka saya jadi penuh dengan tanda tanya *mulai dari mulut, hidung, pokoknya penuh deh :p*

Begitu saya baca, "ooow.... ada tawaran lelang barang-barang antik di situsnya ebay dot kom dot malaysia". Tapi... yang bikin menarik neh barangnya bukan sembarang barang. Maksudnya???
enggak ngerti! *nanya sendiri jawab sendiri :p*

Yang bikin menarik tuh karena yang ditawarin buat dilelang adalah sebuah keris dengan menyebutkan identitas : Sumatera, Aceh, Luk 9 dan tidak ada informasi detail.

Dan saya bertambah heran lagi dengan adanya informasi pada barang tersebut yang menyebutkan "Aceh".

Kenapa saya heran karena selama beberapa tahun ini bermukim di Aceh, saya belum menemukan kalo senjata tradisional Aceh adalah keris. Kalolah di dalam situs tadi disebut rencong atau siwah, nah saya langsung percaya kalo itu adalah senjata tradisional dari Aceh.

Sekilah sih pernah saya temui *tapi agak lupa dan semoga nggak salah* , di sebuah museum terlihat koleksi "keris". Nah yang ini pun mungkin untuk menyederhanakan saja kali ya. Tapi entahlah saya tidak mau terjerumus lagi dalam lembah kesalahan ciahahay...

Trus cerita punya cerita, rasa penasaran saya jadi semakin membesar walopun tak sebesar badan teman saya yang hobi otak atik batu nisan *ayo tebak2 berhadiah :p*

Segera saya buka gogel buat nyari informasi tentang dunia perkerisan sambil tetap ceting ngebahas keris yang mo dilelang tadi apakah asli Aceh atou dari daerah lain. Kalo dilihat sekilas keris "Aceh" yang ditawarkan tadi memang cenderung lebih mirip keris yang dari bugis *kalo ga salah lagi soalnya disitu disebut sebagai keris bugis luk 5* yang gambarnya berhasil saya donlod dari webnya keris pusaka dot kom (seperti diatas tuh gambarnya). Dan juga mirip keris-keris yang berasal dari Indonesia bagian timur seperti keris bangsawan Sumbawa.

Jadi kesimpulan awal memang keris tadi sesuai dengan keterangan yang diberikan ebay kebenarannya yang dari Aceh belum bisa dipastikan. Trus lagi menurut om wiki disebut juga bahwa Penggunaan keris sendiri tersebar di masyarakat rumpun Melayu. Pada masa sekarang, keris umum dikenal di daerah Indonesia (terutama di daerah Jawa, Madura, Bali/Lombok, Sumatra, sebagian Kalimantan, serta sebagian Sulawesi), Malaysia, Brunei, Thailand, dan Filipina (khususnya di daerah Mindanao). Trus kalo dihubung-hubungkan lagi bisa saja keris ini kepunyaan orang Melayu yang ada di Aceh. Kita tahu kebudayaan Melayu juga turut mempunyai andil dalam perkembangan Aceh bahkan hingga dewasa ini.

Jadi apakah di Aceh ada senjata tradisional "Keris" selain dari pada rencong dan siwah yang masih dipergunakan masyarakatnya??? mari kita cari tau qiqiqiqi

0 komentar:

 

mari berbuat baik Goenk Copyright © 2008 Black Brown Pop Template by Ipiet's Blogger Template