19 Januari 2010

Berkendara Malam Ala Goenk Banget



Hoaaaahem... Nguap hari ini cukup nikmat rasanya setelah semalem (19/1) begadang dibalik setir. Betewe begadang saya ini sah secara dangdut kan??? karena ada artinya begitu loh. Iya kan Bang Haji?

Ngomong-ngomong soal begadang saya semalem ini berawal dari kepulangan saya bersama rombongan temen-temen yang lagi ada hajatan piknik dari Berastagi. Tapi saya ndak mau cerita soal begadang tapi masalah nyetir malem saya yang emang ujung-ujungnya juga begadang.

Nyetir malem buat sebagian orang memang bukan dambaan tapi yang menjadi dambaan adalah dibonceng sepanjang perjalanan dan bisa tidur pules sampai mobil berhenti nyampe di tempat tujuan. Ini juga semua orang tau...

Nah dari pengalaman selama nyetir malem, saya mau berbagi tips & trik buat kalian yang mau ngendarai berbagai macem kendaraan mulai dari andong sampe kereta api.

Lanjut yok....
Sesuai dengan judul "Berkendara Malam Ala Goenk Banget"..... kenapa harus Goenk? krn kata goenk itu bisa berarti keren, bisa juga berarti ok. Jadi judul diatas bisa juga diartikan Berkendara Malam yang keren banget.

Tips #1 : sebelum menjadi sopir liat dulu didompet kamu ada nongol SIM nggak? SIM ini kepanjangan dari Surat Ijin Mengemudi. Kalo belum punya segera buat SIM ke Polres terdekat. Caranya mudah tinggal dateng ke loket bagian SIM dan pesen mau yang SIM A, B ato C.
btw ada yang tau ga tempat mbikin SIM nyetir kereta api ato gerobak dimana???

Tips#2: sebelum pegang kendali pastikan mata dalam keadaan ON. Tidur dulu sebelum nyetir merupakan salah satu solusi untuk menyimpan tenaga mata agar waktu dipake tetep nyala terus.

Tips#3: pastikan di dalam kendaraan semua perlengkapan pendukung tersedia. misal lampu senter sangat dibutuhkan untuk berkendara pada malam hari. Selain itu lampu senter juga sangat bermanfaat sebagai lampu penerangan buat gerobak yang memang dari pabriknya tidak dipasang lampu penerang. Perlengkapan lain yang wajib dibawa adalah ban serep, kunci dan dongkrak yang ini pastinya temen-temen semua dah pada tau semua kegunaannya kan? Obat-obatan juga penting untuk dibawa kalo-kalo ditengah perjalanan tiba-tiba perut mules kepala pening. iya ga?

Tips#4: setelah duduk di kursi pak sopir...ingat nyamankan posisi duduk senyaman mungkin. Duduk dengan posisi standart. Nggak usah coba-coba bergaya nyamping atau duduk menghadap belakang. Ok.

Tips#5: setelah smua siap... segera putar kunci ke posisi on. trus gas pollllllll

Tips#6: mengendarai kendaraan di malam hari bukan perkara gampang. Sapa sih yang mau repot-repot di malam hari di waktu orang asik-asik tidur eee kita ko malah nyetir di jalan yang gelap. Badan capek + mata kriyap-kriyip merupakan masalah utama berkendara di malam hari. Mencoba minum minuman suplemen alias doping tidak menjadi masalah asal perut nggak bermasalah aja. Biasanya saya selalu menyediakan minuman suplemen itu dikala nyetir malam hari. Walopun saya sendiri nggak ngerasa bertambah kuat tapi setidaknya mampu mensugesti pikiran saya bahwa saya akan kuat bertanding malam itu.

Tips#7: Sediakan air mineral dalam botol. Air ini selain untuk mengobati haus diwaktu nyetir juga bisa untuk membasuh muka ketika ngantuk. Kalo yang ini sudah terbukti khasiatnya. Sering kali ketika mata tertutup beberapa detik saya langsung ambil air mineral kemudian saya basuhkan di muka. Keuntungan dari membasuh muka ini selain menyegarkan mata juga akan membuat kita nampak lebih seger. Sapa tau kan pas kita lewat ada cewe cantik wuah kan lumayan tuh muka nampak lebih seger :p

Tips#8: Tidur di POM bensin menjadi andalan ketika rasa kantuk sudah bener-bener ga bisa ditahan. Ingat Cari POM yang luas dan beroperasi 24 jam, asal berenti di POM yang sudah tutup bisa-bisa kita dikira perampok dan dihajar orang sekampung kan ga lucu toh? Biasanya POM yang besar banyak menyediakan fasilitas-fasilitas yang membuat kita lebih nyaman untuk istirahat sejenak.

Tips#9: Ketika hujan turun jangan bergaya untuk ngebut diatas 100km/jam. Bahaya tau... pepatah dari orang tua dulu kan bilang "alon-alon asal kelakon" alias pelan-pelan saja yang penting sampe. Ngebut ini hukumnya apa ya? Kalo haram sih saya rasa tidak ya. Mungkin mubah aja deh, itu pun kalo tidak hujan. Bisa-bisa menjadi haram kalo ujan.

Tips#10: Perhatikan rambu-rambu yang sudah dipasang oleh pihak yang berwajib. Rambu-rambu ini akan menuntun perjalanan, baik belok kiri atau kanan.

Tips#11: Ikuti garis putih di jalan dan perhatikan mata kucing yang memang sengaja di pasang di badan jalan juga di portal-portal pembatas jalan. Ketika malam sudah gelap, garis pembatas jalan berwarna putih amat sangat membantu dalam menentukan arah kendaraan yang kita bawa.

Tips#12: Sopanlah di jalan. Ingat jalan yang kita lewati bukan jalan pribadi punya nenek atau kakek, jadi saling menghargai adalah pilihan yang tepat dalam berkendara.

Yah mungkin hanya itu tips & trik yang Goenk Banget... mari kita berdisiplin dijalan patuhi aturan lalu lintas. Jangan sembrono di jalanan demi keselamatan jiwa dan raga kita. Ingat hidup hanya sekali jangan sia-siakan. Ok

catetan: gambar diatas saya rasa pas buat gambarin tukang nyetir dimalam hari yang begadangan melototin jalanan malam hari :D

1 komentar:

Elsa on 12 Februari 2010 18.19 mengatakan...

huuuahahahahhaaa...jadi ketawa ngakak lihat sampul albumnya Bang Haji....

 

mari berbuat baik Goenk Copyright © 2008 Black Brown Pop Template by Ipiet's Blogger Template