07 November 2011

Lebaran: Harinya Linto Baro ^___^


Lebaran Idul Adha baru saja kelar. Kemeriahannya pun sampe sekarang masih terasa. Gimana enggak hari kedua pasca solat ied di beberapa gampong masih ada aja yang nyembelih hewan qurban. Sampe-sampe kantor yang sesuai petunjuk kalender menyebutkan hari senin (7/11) ini masuk kerja eeee berkat hati baik bapak gubernur trus langsung diliburkan selama dua hari :D

Lebaran qurban atau yang biasa disebut juga lebaran haji punya banyak cerita menarik buat siapa saja. Dari yang anak-anak sampe yang sudah tuik-tuik *tuo masute*.

Anak-anak di kota Banda Aceh mungkin yang paling senang selama lebaran qurban ini. Emak-emaknya juga bapak-bapaknya pada beliin baju baru layaknya lebaran idul fitri.

Lain lagi cerita lebaran kali ini buat saya. Gimana ga lain bapak-bapak ibu-ibu... Kalo taun lalu lebaran saya cuma seorang diri kalo taun ini laen dong ehehehe ^___^

Sekarang dah ada yang nemenin saya buat berlebaran *umuk.com :p*

Tahun pertama pergantian setatus saya ini juga membawa berkah tersendiri pada lebaran kali ini. Sebagai warga Aceh lainnya saya yang pada tahun ini bersetatus sebagai "linto baro" merasakan suasana yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Layaknya lebaran idul adha pada umumnya, saya pun merayakannya dengan melakukan kunjungan-kunjungan ke rumah keluarga-keluarga. Dari Yahwa, makwa, yahcek, makcek dan yang lainnya.

Saat-saat yang mendebarkan pun tiba... di setiap akhir kunjungan saya ke rumah sodara-sodara tersebut, saya jadi merasa ada yang lain *uhuk..uhuk..uhuk...*. Gimana enggak lain rasanya, lah masak saya sudah gede begini ternyata dapet salam tempel bapak-bapak ibu-ibu..... *padahal seneng*.

Usut punya usut...telisik punya telisik... ternyata tradisi di Aceh emang begituh. Sodara-sodara bakal ngasih angpao alias salam tempel buat sodaranya yang baru nikah khusunya buat pengantin lakinya atao bahasa kerennya linto baro.

Adat emang unik bapak-bapak ibu-ibu.... saat ini pun saya masih belum tahu filosofinya apa tuh ya dapet angpao. Laen waktu dah saya telisik lagi yak.

Salam tempel ^____^


0 komentar:

 

goenkism Copyright © 2008 Black Brown Pop Template by Ipiet's Blogger Template