24 Juli 2010

Museum oh Museum



Beberapa hari (19-20/7)yang lalu baru saja saya mengikuti rangkaian kegiatan di Museum Negeri Sumut dengan tajuk "Pameran Bersama Medan Perjuangan Bangsa Indonesia dalam Mencapai dan Mempertahankan Kemerdekaan serta Pekan Nasional Cinta Sejarah". Dalam rangkaian kegiatan tersebut kantor tempat saya biasa kerja sehari-hari ini menyelenggarakan dialog budaya dan pagelaran seni. Trus juga kegiatanlain diselenggarakan di museum ini adalah pameran bersama yang diikuti oleh 20an museum dari berbagai museum di seluruh Indonesia.

Ehm... salut saya buat perkembangan museum di Indonesia... begimana tidak, dari pantauan mata saya ini, pameran kemaren selain menyuguhkan koleksi yang cukup heboh juga mempu menyihir saya kalo kalo museum itu tidak seperti pandangan waktu kecil dulu yang ngeliat museum kok nampak sepi dengan koleksi yang tertata dengan kaku.

Namun,,,, *ciahahay bahasa saya unik kali ini ya :p*
Saya juga merasa trenyuh (bahasa indonesianya trenyuh itu apa ya???) kok nggak ada ya perwakilan dari museum negeri aceh yang ngikut di pameran bersama kemaren. Heran aja, museum yang dari Kalimantan jauhnya sana aja pada datang, tapi kok yang deket aja ndak datang pikir saya.

Sangat disayangkan memang museum negeri aceh nggak ngikutin pameran bersama tuh. Dengan adanya promosi yang dipersiapkan sebelum pameran berlangsung tentunya peserta dari luar daerah tidak perlu lagi membuat promosi ataopun iklan secara "mandiri" yang berbiaya mahhhal. Dan biasanya dengan program pameran yang telah dijadwalkan jauh-jauh hari ini mampu menarik pengunjung yang diluar kebiasaan sehari-hari dan ini terbukti dari beberapa hari selama saya di museum, pengunjung cukup padat walopun nggak sampe merayap :p

Aah... entahlah
Saya tidak mau menebak-nebak dari pada salah tebak. Pada saaat gencar-gencarnya tahun 2010 disematkan sebagai tahun kunjungan museum, masih saja ada daerah-daerah yang kurang peduli dengan museumnya. Saya jadi ingat kata senior saya (senior neh maksutnya orang yang lebih tua dari saya qiqiqiqi) kalo museum negeri di setiap daerah tuh ibarat miniatur dari budaya setiap daerahnya. Tapi kalo dengan budayanya saja nggak peduli bagaimana nasib daerahnya itu. Jangan-jangan para pemangku kebijakan daerah neh dah pada lupa ma asal-usulnya kali ya.

dan terakhir mari berwisata ke museum hehehe

Kalo mo liat pameran bersama masih ada tuh sampe tanggal 29 besok di Museum Negeri Sumatera Utara tempatnya di Jl.HM. Joni Medan, nomernya saya lupa :D
Ato kalo dari bandara nggak jauh-jauh amat kok paling 15 menit nyampe :)

0 komentar:

 

mari berbuat baik Goenk Copyright © 2008 Black Brown Pop Template by Ipiet's Blogger Template